Mungkin Anda yang baru tinggal di apartemen seperti di Green Pramuka City bertanya-tanya, kenapa Anda harus membayar Iuran Pemeliharaan Lingkungan atau IPL pada periode tertentu? Padahal, sebelumnya Anda sudah membeli unit apartemen tersebut. Masih bingung? Kalau iya, cek penjelasannya di bawah ini!
Mengapa Anda Wajib Membayar IPL?
Apartemen Green Pramuka City yang Anda tempati ataupun apartemen lainnya memang selalu menerapkan Iuran Pemeliharaan Lingkungan atau IPL untuk semua penghuninya. IPL sendiri memiliki manfaat untuk pemeliharaan dan menjaga fungsi berbagai fasilitas yang dimiliki apartemen secara bersama.
Seperti yang Anda tahu, apartemen Green Pramuka City ini memiliki fasilitas bersama yang sangat lengkap dan bisa Anda gunakan kapan saja bila membutuhkan. Selain itu, apartemen ini juga merupakan benda, tanah dan bagian bersama yang memerlukan suatu pengelolaan agar tetap bisa berfungsi dengan baik.
Nah, untuk pengelolaan inilah biaya IPL itu diperlukan. Anda sudah sangat nyaman, efisien, serta untung bila tinggal di sini dengan semua fasilitas yang dimiliki serta berada di dekat tempat penting di seputaran Jakarta Pusat. Untuk menjaga kenyamanan Anda, IPL diterapkan untuk membayar jasa perawatan dan sebagainya.
Ini sesuai dengan peraturan daerah DKI Jakarta yang menyebutkan bahwa: Siapa pun yang memiliki apartemen ataupun Sarusun baik itu perorangan ataupun Badan Hukum Wajib Membayar IPL. Penjelasan dari peraturan tersebut adalah untuk dipakaia sebagai keperluan rutin atau biaya operasional dari apartemen itu sendiri.
Berapa Biaya Iuran Pemeliharaan Lingkungan yang Harus Dikeluarkan di Sini?
Untuk besaran Iuran Pemeliharaan Lingkungan yang harus dikeluarkan, sebenarnya besarnya bervariasi. Besarnya biaya IPL atau disebut juga dengan service charge di Green Pramuka City ini ditentukan oleh pengembang atau developer yang bertanggung jawab akan apartemen tersebut.
Nantinya, peraturan mengenai besarnya dana Iuran Pemeliharaan Lingkungan atau IPL ini akan dilanjurkan oleh P3SRS atau Persatuan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun yang sah seperti di apartemen Green Pramuka City ini. Mereka ini sering juga disebut sebagai pengelola sementara.
Kalau Anda masih bingung, secara kasar sebenarnya biaya yang harus dikelaurkan setiap pemilik unit di apartemen untuk IPL ini dikenakan berdasarkan luas unit yang mereka miliki. Perhitungannya adalah total biaya operasional dan perawatan benda di area tanah bersama dibagi total seluruh unit.
Jumlah yang didapat itulah nantinya akan dibagi berbeda-beda sesuai apartemennya. Jadi, Anda tak perlu heran bila teman satu apartemen Anda dikenakan biaya IPL yang lebih rendah dari Anda. Coba perhatikan dulu berapa luas unit apartemen yang Anda miliki. Jika luas unit apartemen yang dimiliki tetangga Anda adalah 21 meter persegi alias studio, jelas murah.
Sedangkan bila milik Anda adalah tipe 2 bed room atau malah tipe gandeng, jelas biayanya akan makin membengkak. Satu lagi, biaya IPL ini sebenarnya juga dihitung berdasarkan kebutuhan dari jumlah biaya operasional dan perawatan benda di dalamnya. Makin banyak fasilitas yang ada di apartemen tersebut, makin besar biayanya.
Jadi, Anda juga tak harus heran bila biaya IPL yang harus Anda keluarkan lebih besar dari apartemen tetangga. Toh, fasilitas yang bisa Anda nikmati dan teman Anda dapatkan juga berbeda, kan?
Nah, sudah paham mengenai IPL dalam aturan apartemen Green Pramuka City, kan? Jadi, ketika Anda sudah tinggal di sini, jangan kaget lagi bila mendapat permintaan untuk membayar iuran IPL ini. Apa? Baru mau tinggal di sini? Kalau begitu, Anda bisa hubungi pihak pengelola untuk info lebih lanjut!

Recommended Posts